Tips Sehat Menyantap Makanan Buka Puasa

Umbrella girl sexy
Buka Puasa - Buka puasa adalah saat dimana umat Islam membatalkan makan dan minum ketika menjalankan ibadah di bulan puasa Ramadhan. Setelah jam puasa berakhir, banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan makanan dan minuman yang harusnya diutamakan.

Setelah seharian menahan lapar, tentu saat berbuka ingin menyantap makanan lezat dan menggugah selera. Namun banyak dari kita yang melupakan pentingnya mengonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan.

Bulan Ramadhan aspeknya lebih luas dari anggapan umum, sekadar kesempatan untuk diet menurunkan berat badan.saat tubuh dalam kondisi normal atau saat tak puasa, glukosa yang disimpan dalam hati dan otot menjadi sumber cadangan energi utama. Saat puasa, glukosa ini diambil sebagai energi utama. Jika glukosa habis, tubuh akan mengambil lemak sebagai bahan bakar.

Makanan yang seimbang dan asupan cairan juga penting saat puasa. Ginjal sangat efisien dalam mempertahankan air tubuh dan garam, seperti natrium dan kalium. Agar puasa tetap memberikan efek menyehatkan dari sekadar diet sebaiknya simak cara berpuasa yang baik.

Tips Sehat Menyantap Makanan Buka Puasa

Berikut tips yang perlu dipertimbangkan agar buka puasa Anda tetap menyehatkan:

Berbuka dengan makanan manis

Selama berpuasa, tubuh kehilangan banyak energi. Gula, atau makanan dan minuman yang mengandung gula bisa memberi asupan energi dengan cepat, sehingga tubuh pun cepat kembali segar. Tapi perhatikan juga konsumsinya, jangan sampai berlebihan dan usahakan gula yang Anda konsumsi alami, yang berasal dari buah-buahan. Anda disarankan makan tiga butir kurma dan air putih, atau bisa berbuka dengan buah-buahan seperti pir, jeruk dan anggur.

Hidrasi adalah hal terpenting selama puasa Ramadhan. Setelah buka puasa, Anda harus minum dalam jumlah besar. Anda juga harus minum saat bersahur. Kebutuhan hidrasi tubuh adalah sekitar 1,5 liter per hari.

Hindari dulu Makan Berat

Saat berbuka puasa, biasanya kita cenderung langsung memakan makanan berat, ingin melahap semua makanan yang tersaji. Tapi tahanlah keinginan itu. Lambung perlu beradaptasi dengan makanan setelah lebih dari 12 jam kosong. Langsung menghantamnya dengan makanan berat akan membuat perut kaget dan bisa menimbulkan perut kembung hingga sembelit.

Setelah mengonsumsi makanan manis, berilah jeda waktu bagi lambung untuk mencerna makanan secara perlahan, kira-kira 30 menit. Baru mulai makan makanan berat, misalnya nasi merah beserta lauk dan sayur. Usahakan yang direbus, kukus atau panggang. Bukan digoreng karena membuat cepat ngantuk.

Nah  itulah tadi Tips Sehat Menyantap Makanan Buka Puasa untuk memperlancar puasa anda di bulan Ramadhan tahun ini. Semoga bermanfaat dan tetap sehat selama berpuasa.

Subscribe to receive free email updates:

(X) 2 kali tuk menutup
Terbaru: Foto Pemeran Utama Sinetron Mermaid In Love SCTV
Dukung kami dengan like fanspage ×